Kamis, 18 Februari 2010

Belajar Bermain Musik dalam Teater


Hidup=musik
Oleh: Tri Hastomo Ardi Nugroho

APAKAH MUSIK ITU????
Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotism.
Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.
Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:
• Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar;
• Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya;
• Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.
Dari aspek kehidupan dapat disimpulkan musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.
Musik pada akhirnya meliputi empat komponen, yaitu :
1) komponis,
2) proses membuat karya,
3) hasil karya, dan
4) konteks dimana komponis membuat sesuatu.
Sedangkan kegiatan menghasilkan rangkaian bunyi melalui kegiatan olah vokal kita sebut kegiatan bernyanyi sedangkan kegiatan menghasilkan rangkaian bunyi melalui instrumen kita sebut bermain musik, seperti bermain gitar atau bermain piano dll.
Contoh Aliran Musik
• Musik klasik
• Musik rakyat/musik tradisional
• Musik keagamaan
o Gambus
o Kasidah
o Nasyid
• Blues
• Jazz
• Country
• Rock
• Musik populer
• Musik dunia

UNSUR-UNSUR DALAM MUSIK
Solmisasi :Tangga nada yang dijadikan dasar dari notasi musik
Bunyi, meliputi:
1.Pitch
Pitch atau tinggi rendahnya nada berkaitan dengan getaran atau frekuensi suara atau bunyi yang dihasilkan alat musik atau suara manusia. Semakin banyak getarannya, semakin tinggi nada tersebut. Sebaliknya, semakin sedikit getarannya semakin rendah pula nada tersebut. Atas dasar itu, para ahli kemudian menetapkan takaran getaran untuk setiap nada yang memungkinkan kita mengenal tinggi rendah atau pitchnya. Berikut adalah gambar nada-nada dari yang rendah ke tinggi.
2.Dinamika
Perubahan tekanan lembut keras volume bunyi dalam bermain musik.
3.Timbre (warna suara)
Karakter suara atau bunyi dari instrumen musik(vokal & alat musik)
Media
Media atau sarana manusia bermusik adalah melalui vokal, instrumen (alat-alat musik) atau perpaduan antara vokal dan instrumen musik.
Ritme dan Irama
Irama secara sederhana adalah alunan nada-nada yang konsisten dan berulang-ulang dengan suatu pola tertentu walaupun panjang nada-nadanya berbeda-beda. Irama umumnya berkaitan dengan beat (ketukan), metrum (birama) dan tempo.
1.Beat
beat adalah lamanya suatu nada dinyanyikan atau dibunyikan. Satuannya adalah ketuk.
2.Birama
birama adalah pengelompokan ketukan menjadi beberapa unit hitungan. Birama ditentukan dari ketukan yang bertekanan (tesis) dan ketukan yang tidak bertekanan (arsis). Berdasarkan tesis dan arsis, disusun birama, yakni birama 2/4, birama ¾, birama 4/4, dan birama 6/8. tanda birama umumnya sudah tertera dalam partitur sebuah lagu.
3.tempo
tempo adalah kecepatan lagu, yaitu banyaknya ketukan (beat) dalam satu menitnya. Ukurannya adalah Metronom Maelzel (MM). Umumnya tempo dalam musik dibagi dalam tiga kelompok, yakni tempo cepat, sedang dan lambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar